Kepedulian Pemerintah Kabupaten Lombok Barat kepada masyarakat kurang mampu tidak perlu diragukan lagi. Setelah menyalurkan sejumlah paket bantuan untuk masyarakat kurang mampu, kali ini Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama Yayasan Server Indonesia memberi bantuan 10.000 paket daging kurban kepada masyarakat kurang mampu yang tersebar di 10 kecamatan. Hal ini disampaikan oleh Kabag Kesejahteraan rakyat Pemkab Lombok Barat H. Maksum, S.Pd, M.Pd saat ditemui awak media di sela sela pembagian sembako dan daging yang dilaksanakan di kantor desa Penimbung pada hari sabtu (9/10/21).
Menurut H. Maksum bantuan ini berasal dari Yayasan Server Indonesia yang menghimpun bantuan yang berasal dari Umat Muslim di Turki dan Australia serta Dunia. Kabag Kesra ini mengatakan bahwa yayasan server Indonesia ini memberikan bantuan berupa daging Kurban kepada masyarakat kurang mampu sebanyak 3-4 Kg yang telah dikemas. Ia mengatakan bahwa sasaran bantuan untuk wilayah Lombok Barat sebanyak 10.000 paket bantuan. “Bantuan dari yayasan server Indonesia ini diberikan kepada 10.000 masyarakat tidak mampu yang tersebar di 10 kecamatan di Lombok Barat. Pimpinan Daerah menyambut baik hal ini dan menyampaikan terima kasih pada yayasan server Indonesia atas bantuan yang dibeikan kepada masyarakat Lombok Barat “ujarnya.

Kabag kesra yang sukses melaksanakan sejumlah agenda penting daerah ini mengatakan bahwa untuk pembagian paket daging kurban ini dilakukan berdasarkan data masyarakat kurang mampu yang dikirim oleh pihak kecamatan. Data ini kemudian diverifikasi oleh Yayasan server Indonesia untuk menentukan apakah masyarakat tersebut berhak menerima bantuan atau tidak. Ia mengatakan bahwa penyaluran bantuan ini juga melibatkan berbagai pihak seperti pihak kecamatan dan dinas sosial kabupaten Lombok Barat. Menurutnya pelaksanaan penyaluran bantuan ini dimulai dari Kecamatan Lembar, Narmada, Lingsar, gunung sari dan kecamatan lainnya yang dilakukan secara bertahap dan terjadwal. Untuk beberapa hari kedepan akan dilakukan pembagian di beberapa wilayah di Kecamatan Gunungsari yaitu tanggal 2 dan 4 oktober di Desa Pusuk, tanggal 5 Oktober di desa Lembahsari, 6 Oktober di Desa Mambalan, 7 Oktober di desa Gelangsar dan tanggal 8 Oktober di Desa Penimbung.

Sementara Itu Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat DR.H. Baehaqi menyambut baik kegiatan pembagian bantuan Daging kurban oleh Yayasan Server Indoensia. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan meringankan beban masyarakat ditengah masa pandemi covid19. Ia menyampaikan terima kasih kepada yayasan server Indonesia dan semua donator atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Lombok Barat. “Ini bentuk kepedulian terhadap sesama, semoga kegiatan ini mendapat berkah dari Allah dan dapat memberi manfaat untuk masyarakat Lombok Barat” ujarnya.

Kegiatan pembagian daging kurban ini akan dilakukan di 10 Kecamatan di Lombok Barat. Daging kurban yang disalurkan dalam bentuk beku yang dikirim langsung dari Australia. Hewan kurban tersebut dipotong dan dikemas di Australia sesuai dengan standart halal dan secara syar’i. Daging ini juga telah melalui proses di karantina pelabuhan tanjung periok, Surabaya dan lembar. Selain itu daging tersebut telah melalui uji keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain membagikan hewan kurban, yayasan Server Indonesia juga akan memberi bantuan sembako kepada Ibu Hamil dan menyusui. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah stunting di Kabupaten Lombok Barat.